Kamis, 09 Oktober 2008

Aman Berselancar Tanpa SPAM

Adanya junkmail (spam) sering membuat kita pusing karena membuat repot menghapusnya. Belum lagi memakan kapasitas mail box dan juga berisiko membawa virus. Bahkan saat ini ada spam yang membajak alamat email tertentu sehingga saat masuk mailbox seolah-olah kita menerima email dari teman padahal bukan.
Banyak solusi untuk mencegah spam masuk mail box. Bagi pengguna email berbasis WEB seperti Yahoo dan Gmail, mereka sudah memiliki aplikasi sendiri antispam yang akan menyaring email yang dianggap sebagai spam. Namun kadang kala spam masih bisa masuk ke folder inbox. Kalau ini terjadi, Anda bisa memasukkan alamat pengirim ke blacklist sehingga setiap email yang berasal dari pengirim tersebut otomatis akan masuk ke folder spam.
Anda harus hati-hati terhadap berbagai macam fasilitas antispam karena penilaian antispam bisa keliru di mana email yang benar sering dianggap sebagai junkmail. Selain itu juga berbagai usaha spammer untuk membajak alamat email dan memanfaatkan alamat email hasil bajakan tersebut untuk mengirim spam, ini menyebabkan Yahoo dan Gmail akan menganggap email tersebut sebagai spam dan memasukkan ke dalam blacklist. Karena itu disarankan agar sering-sering menengok ke folder spam untuk mengecek apakah ada email benar yang dianggap sebagai spam. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan untuk mencegah spam:
Selalu tulis subjek saat akan mengirim email, karena subjek yang kosong sering dimanfaatkan spam, hal ini jarang disadari.
Kalau mengirim email ke beberapa alamat email, gunakan BCC (Blind Carbon Copy) agar alamat email tak tercantum seluruhnya sehingga penerima email tak tahu ke siapa saja email dikirim.
Lakukan pengacakan email guna merahasiakan isi email dan alamat tujuan, cara yang praktis gunakan plugins yaitu Freenigma bagi browser web firefox.

4. Setting filter spam dan gunakan Thunderbird untuk mengenali dan mengisolasi spam mail. Caranya:
# Buat satu folder dengan nama spam di bawah folder inbox klik menu Tools>Options> Privacy, berikan tanda centang (V) pada pilihan “When I mark message as junk” dan aktifkan “move them to accounts junk folder”

# Terapkan fitur pengendalian spam mail pada menu Tools > Account Setting > Junk Setting, beri tanda centang pada pilihan “Enable adaptive junk mail control for this account”
# Juga aktifkan “Move new junk messages to:” arahkan pada folder spam yang sebelumnya sudah dibuat.

# Setelah selesai, periksa kembali email yang dianggap sebagai spam, klik kanan pada email tersebut dan pilih mark> As junk. Setiap kali email masuk dari pengirim spam, otomatis akan ditandai sebagai spam. Supaya bisa masuk ke folder spam, klik folder inbox lalu klik menu Tools > Run Junk Mail Controls on Folder.

5. Bagi pengguna email Outlook maupun Outlook Express tidak ada fasilitas khusus untuk menangkal spam, namun tak ada salahnya mencoba fasilitas Blocked Sender List. Caranya: masuk menu Tolls > Message Rules kemudian masukkan alamat email pengirim spam agar bila pengirim tersebut mencoba mengirim spam maka akan langsung dikenali sebagai spam. Semoga berhasil.

 
© Copyright by Nongkrong Bareng.com  |  Template by Blogspot tutorial