Jumat, 29 Agustus 2008

AdSense untuk Feed

Tadi saya melongok Google Adsense untuk account saya, yang pasti pendapatan yang terkumpul saat ini masih sangat jauh untuk dapat dikirimkan, harus sabar menunggu 9 bulan lagi :) . Hal yang menarik perhatian saya, sewaktu masuk ke menu Konfigurasi AdSense (Adsense Setup), saya mendapati adanya produk baru selain AdSense untuk Pencarian yang memang satu-satunya produk yang tersedia untuk account saya yaitu AdSense untuk Feed atau AdSense for Feeds pada setting menggunakan bahasa pengantar Inggris.

Sebelumnya, saya pernah membaca di Blogguebo mengenai peluncuran produk AdSense for Feeds ini dan dinyatakan belum berlaku untuk pengguna AdSense Bahasa Indonesia, dan karena account AdSense saya memang terbatas jadi tidak langsung menengok account AdSense saya. Tapi, jika benar begitu, mengapa produk AdSense untuk Feed pada account saya, apakah memang dibolehkan juga untuk Bahasa Indonesia, tetap tidak boleh, atau baru-baru ini saja mulai dibolehkan. Saya tidak melihat terlalu jauh ke TOS AdSense yang sulit saya mengerti untuk memastikannya, menunggu Anda yang lebih mengerti saja untuk berkomentar :)

Kalau mengenai apa itu AdSense for Feeds ini, sudah dijelaskan panjang lebar pada tulisan di Blogguebo tersebut, yang intinya dengan melalui produk ini, kita dapat menyisipkan iklan-iklan Google AdSense pada feed blog atau website kita yang dapat berupa image, teks, atau keduanya. Melalui pengaturannya dapat ditentukan posisi iklan dan bagaimana frekuensi iklan-iklan tersebut akan ditempatkan apakah pada setiap satu, dua, tiga, atau empat item.

Untuk feed yang akan diberi iklan Googgle Adsense ini, pengguna Feedburner dapat melakukan migrasi feed yang terdaftar di sana, namun sayangnya saat ini layanan migrasi tersebut sedang ditutup untuk sementara karena banyaknya permintaan migrasi. Kalau tidak sabar menunggu atau belum mempunyai account Feedburner, dapat saja kita membuat feed baru untuk AdSense for Feeds ini seperti yang saya coba tadi dengan memasukkan alamat feed blog atau website yang saat ini digunakan.

Pada proses memasukkan feed baru ini, pada form isian terdapat pilihan untuk Feed Language dimana tidak tersedia pilihan Bahasa Indonesia. Apakah memang ini dimaksudkan isi tulisan yang dijadikan feed atau hanya bahasa pengantar pada feed yang dibuat? Lagi-lagi saya belum mengetahui maksud pastinya.

Bagi saya, jika memang belum dapat untuk feed yang materi tulisannya ber-Bahasa Indonesia, mengapa ada produk AdSense untuk Feed ada pada account saya yang dengan bangga pada saat pendaftaran account AdSense menyatakan isi website menggunakan Bahasa Indonesia. Dan jika memang boleh dan yang dimaksudkan Feed Language adalah materi yang disajikan, mengapa tidak ada pilihan Bahasa Indonesia.

Semoga saja memang boleh untuk materi Bahasa Indonesia, dan Feed Language tersebut hanya sebagai bahasa pengantar, bukan materi tulisan, atau Google sedang berbenah dan belum memasukkan Bahasa Indonesia ke dalamnya. Untuk account Google AdSense saya yang saya setting menggunakan bahasa pengantar Indonesia, untuk bahasa pengantar pada produk Adsense untuk Feed ini masih bercampur anatara Inggris dan Indonesia.

Bagaimana dengan Anda, apakah sudah atau akan memonetize feed blog Anda dengan produk Google Adsense ini?

Dicuplik dari Postingan maseko

 
© Copyright by Nongkrong Bareng.com  |  Template by Blogspot tutorial