Rabu, 27 Agustus 2008

Tiba Saatnya Kita Mulai Rajin Berbagi Ilmu...


Tentunya ilmu yang berhubungan dengan dunia online ya, bukan ilmu santet atau kedukunan (kecuali kalau memang ada yang ahli, nggak apa-apa juga ikutan belajar). Selama setahun kemarin, sempat beberapa kali ada yang namanya Pengajian Dotcomers, yang inisiatif awalnya dari Pak Nukman. Di kegiatan kumpul-kumpul itu, para pemain dotcomers muda mencoba berbagi pengalaman dan mendapatkan masukan dari rekanan lainnya.Pertemuan ini sempat berjalan sekitar 6 kali (kalau nggak salah).

Di luar kegiatan itu, ada pula rekan-rekan lain yang bulan Januari lalu mencoba melakukan inisiatif serupa, hanya yang datang tidak terbatas pada para empunya dotcom, tapi lebih kepada para peserta milis Teknologia.Kalau ini idenya, seperti TED-nya Indonesia, dimana setiap orang diberi kesempatan menceritakan proyek yang sedang ia kerjakan, dan mencoba meminta masukan dari anggota peserta lainnya. Namun, baru sekali pertemuan, hingga kini belum ada agendanya lagi.

Jumat kemarin, bersama dengan Catur PW dan Anggun Himawan dari Plasmedia, terjadi pertemuan rahasia di Food Court Plangi. Pertemuan ini tidak disaksikan oleh siapapun kecuali semua pengunjung food court yang ada di situ. Kami mencoba berdiskusi format yang lebih pas yang bisa digulirkan pada pertemuan serupa, yang harapannya bisa terselenggara pertengahan Juli mendatang. Acaranya nggak akan resmi-resmi amat. Sederhana, yang penting kita semua bisa nyaman berdiskusi.

Idenya adalah kami ingin pertemuan seperti ini bisa terjadi terus, dan komunitas dotcomers bisa terbangun dengan lebih aktif, dimana setiap orang bisa mengutarakan permasalahan yang ia hadapi, dan rekan-rekan lain bisa memberinya masukan. Pada hakikatnya tema pertemuan pun tidak melulu berisikan orang-orang dari pemilik dotcom. Bisa jadi suatu waktu tema pertemuan membahas tentang pengembangan aplikasi online, atau jualan online, atau pemasaran online, atau branding, atau desain informasi, atau apapun lainnya. Profesi apapun yang setiap harinya berhadapan dengan internet layak untuk bercerita dan berbagi pengalaman di sini. Bisa jadi itu seorang yang berprofesi sebagai developer, desainer, blogger, pemain AdSense, atau siapapun.

Hasil dari diskusi rutin itu nantinya bisa langsung di-share. Apakah itu berupa tulisan dalam blog, atapun liputan video. Sederhana saja. Asalkan berbagi ilmunya bisa semakin meluas. Nantinya kami berharap, misalnya, seorang developer yang jago membuat aplikasi web, tapi nggak paham soal kreatif/desain/pemasaran, bisa lebih terbuka wawasannya di sini. Atau, seseorang yang punya ide Web 2.0 gila, tapi nggak punya resource desainer/developer akhirnya bisa bersama-sama mengeksekusi ide tersebut dengan lebih nyata. Banyak lagi sih harapan kami, namun harapan utama kami adalah terbentuk komunitas yang secara nyata mau berbagi ilmu dan pengalaman.

Siapa tahu dari diskusi offline rutin tentang dunia online ini malah bisa jadi bahan eksplorasi lebih dalam. Misalnya, bentuk model bisnis online apa saja sih yang layak dieksekusi di Indonesia? Selain berjualan (commerce) atau portal ber-banner, adakah model bisnis lainnya yang menjanjikan? Atau misalnya, kenapa ya tiba-tiba aplikasi Web 2.0 seperti Plurk sekarang mendadak jadi populer? Mungkin nggak aplikasi seperti ini dibuat di Indonesia, dan mungkinkah mendapatkan revenue darinya? Dan mungkin segala macam eksploasi pertanyaan lainnya.

Jika tertarik untuk mulai berdiskusi secara online, monggo mampir bergabung di Facebook groups ini, atau langsung saja berdiskusi di sini. Sambil share saja sekalian, siapa tau ada ide tambahan, atau mungkin sekali ada di antara rekan-rekan yang punya ide lokasi kumpul atau bersukarela menyediakan tempatnya untuk kumpul-kumpul.

 
© Copyright by Nongkrong Bareng.com  |  Template by Blogspot tutorial