Jumat, 29 Agustus 2008

Pustakawan Go Blog

Kita telah tahu bahwa saat ini perkembangan tehnologi informasi bisa diukur dalam hitungan detik dan tanpa sekat ruang dan waktu seharusnya manusia ikut berkembang cepat. Peningkatan seputar tehnologi semisal ponsel,komputer,internet itupun tak terbendung. Siapa yang melek dialah penguasa informasi. Dengan dorongan kebutuhan maupun fungsi ekonomi masyarakat mulai dipaksa merasakan betapa informasi kini menempati peringkat teratas diatntara kebutuhan hidup lainnya.

Lebih spesifik lagi,mari kita melihat kedepan kemajuan internet dalam dunia pendidikan. Anak SMA pun sekarang banyak yang mencari bahan2 sekolah untuk mengerjakan pekerjaan rumah ( PR ) dengan mencari bahan melalui internet dan bahkan sekarang ini bahan pendidikan sekaolah bisa di akses melalui internet. Selain itu di gudang ilmu yang ada disetiap sekolah ataupun kampus, penelusuran informasi di perpustakaan menjadi penting. Perpustakaan tidak lagi berisikan tumpukan buku2 lusuh, hal ini ketinggalan jaman serta sulit dijangkau, maka penelusuran informasi yang cepat dan praktis mutlak sangat diperlukan. Perpustakaan dan pendidikan merupakan satu embrio kembar yang tak terpisahkan untuk memncerdaskan anak bangsa. Tentu saja itu benar jika perpustakaan menjadi sumber ilmu yang mudah dan murah.
Bahkan semua orang di berbagai profesi sudah banyak yang memiliki Website ataupu Blog pribadi. Demikian pula seharusnya untuk dunia perpustakaan, mereka diwajibkan ikut berkompetisi memenangkan persaingan layanan yang baik.

Bisa kita asumsikan misal pustakawan yang sudah memiliki Blog pribadi itulah pustakawan yang paham tentang internet dan juga paham bagaimana membuat dan mengolah sebuah Blog. Blog ini merupakan catatan pribadi pustakawan yang mana ide,gagasan,pengalaman, saran,kritik,saling komunikasi,kenalan dan bahkan banyak juga yang menekuni bisnis penelusuran informasi melalui internet lewat Blog.

Semisal semua pustakawan di indonesia punya Blog Pribadi, maka dijamin komunikasi antar sesama pustakawan sangat baik untuk mendongkrak kemajuan pelayanan,penelusuran informasi serta mutu pendidikan.

Karena jejaring perpustakaan masih sangat lemah sehingga salah satu alternatifnya adalah dengan menggiatkan pembuatan Blog pribadi pustakawan. Dan bukan saatnya memasang pustakawan yang hanya terkantuk-kantuk menunggu tumpukan buku. Dan juga waktunya lagi menghadirkan pustakawan berwajah masam saat melayani pengunjung. Perpustakaan harus menjadi tempat menyenangkan bagi semua orang yang ingin menggali informasi....Bagaimana menurut pendapat anda....

 
© Copyright by Nongkrong Bareng.com  |  Template by Blogspot tutorial