Kamis, 11 September 2008

Firefox Dapat Suplemen Baru


Munculnya browser baru milik Google, Chrome, rupanya membuat Mozilla sedikit khawatir. Buktinya baru saja Chrome dirilis, Mozilla sudah mengeluarkan update baru untuk Firefox. Kali ini Firefox mendapat tambahan fitur dan perbaikan kinerja yang akan membuat browser ini makin bertenaga.

Firefox 3.1 Alpha 2 yang diberi code name Shiretoko ini akan mengusung dukungan pada tag video sebagai bagian dari standar HTML 5. Dukungan ini akan memungkinkan para web developer untuk embed video langsung ke halaman web dan mengendalikan video tersebut dengan menggunakan script. Sejauh ini, browser yang sudah mendukung teknologi ini hanyalah Safari milik Apple. Internet Explorer dan Chrome bahkan belum memasukkan dukungan ini pada browser mereka.

Fitur baru lainnya adalah apa yang mereka sebut web worker threads. Dengan kemampuan ini web developer dapat mengalihkan aktivitas JavaScript ke background thread sehingga aktivitas yang dilakukan JavaScript ini tidak mengganggu kinerja browser. Menurut Mozilla, antarmuka browser akan tetap responsif ketika JavaScript engine sedang bekerja, bahkan saat pengguna meninggalkan halaman terkait, kerja JavaScript ini akan di hentikan sementara.

Tambahan lain adalah kemungkinan untuk drag and drop tab antar window, dukungan pada CSS (cascading style sheets) 2.1 dan CSS 3 property, peningkatan kinerja saat membuka file berformat gambar dengan embedded color profile.

Menurut sebuah berita yang dilansir Computer World hari Sabtu (06/09/08) disebutkan bahwa peningkatan kemampuan JavaScript Firefox ini lebih cepat 28% bila dibanding dengan Chrome. Sampai saat ini Mozilla masih menolak menyebutkan tanggal rilis Firefox 3.1 ini dan hanya menyebutkan bahwa browser ini akan dilepas akhir tahun ini atau paling lambat awal tahun 2009 nanti.
(Informasi berita ini didapat dari Kapanlagi.com)

 
© Copyright by Nongkrong Bareng.com  |  Template by Blogspot tutorial