Sabtu, 13 September 2008

Kelangsungan Mozilla Bergantung Pada Google


Hubungan kerja sama antara Mozilla sebagai pembuat internet browser dengan raksasa search engine, Google memang bukan lagi rahasia namun siapa sangka jika kelangsungan hidup organisasi nirlaba ini justru tergantung pada Google.

Kabarnya, sejak tahun 2006 lalu, 85% penghasilan Mozilla atau setara dengan US$57 juta didapat hanya dari Google. Perjanjian kerja sama ini sebenarnya sudah berakhir tahun 2006 lalu namun akhirnya diperpanjang hingga tahun 2008.

Mozilla sendiri menggunakan dana ini untuk menggaji para karyawannya, mendanai bandwidth mereka serta biaya perawatan dan pengembangan infrastruktur perangkat keras mereka.

Menurut sebuah berita yang dilansir Tech Crunch hari Kamis (28/08/08) disebutkan bahwa Mozilla dan Google baru saja memperpanjang kontrak kerja sama mereka hingga tahun 2011 nanti. Ini memberikan jaminan bagi Mozilla untuk tetap dapat mengembangkan proyek Firefox, Thunderbird dan proyek-proyek mereka lainnya.

Namun tidak semua pihak merasa bahagia dengan kerja sama ini. Beberapa anggota dari komunitas open source mulai mengkhawatirkan kerja sama ini. Menanggapi kekhawatiran ini, Mozilla menyampaikan bahwa kedua perusahaan ini beroperasi secara independen

Informasi disadur dari Kapanlagi.com

 
© Copyright by Nongkrong Bareng.com  |  Template by Blogspot tutorial