Kamis, 11 September 2008

Google Danai Peluncuran 16 Satelit


Google dikabarkan telah mendanai peluncuran 16 satelit di area katulistiwa untuk memberikan layanan internet dengan kecepatan tinggi namun dengan harga terjangkau bagi negara-negara berkembang di sekitar wilayah katulistiwa.

Proyek milik O3b Networks ini akan mulai menyediakan koneksi internet bagi negara-negara di wilayah Asia, Afrika, Amerika Latin, dan the Timur Tengah mulai akhir tahun 2010 nanti. Langkah ini ditempuh sebagai bagian dari proyek yang lebih besar yaitu mempopulerkan e-learning, telemedicine dan tentunya 'membuka' wilayah yang selama ini belum terjangkau internet.

Menurut sebuah berita yang dilansir Information Week hari Selasa (09/09/08) disebutkan bahwa satelit pertama akan dibuat oleh Thales SA, sebuah perusahaan di bidan pertahanan yang berbasis di Perancis. Sistem ini akan setara dengan 2 ribu transponder dan mampu memberikan kecepatan transfer sekitar 10Gbps.

O3b yang merupakan kependekan dari the Other 3 billion ini berbasis di Jersey, Channel Islands dan akan didukung oleh Liberty Global yang telah memberikan layanan web di 15 negara.

 
© Copyright by Nongkrong Bareng.com  |  Template by Blogspot tutorial